3 Cara Allah Menjawab Doa, Kamu Akan Terpukau Dengan-Nya

Doa bukan sekedar pemenuhan kewajiban hamba pada tuhannya. Doa juga menjadi bentuk pembuktian bahwa kita percaya kepada Allah. Karena kita percaya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, maka kita meminta.

Tentu bukan sekedar permintaan, doa juga merupakan cara kita berkomunikasi dengan-Nya.

Prayer Set Mahar by Madina Quran

“…berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu…” (Q.S. Gafir: 60)

Dari ayat di atas, Allah menekankan orang-orang beriman untuk mendekatkan diri pada-Nya melalui berdoa. Meski begitu, kita sering merasa “sia-sia” karena menganggap doa kita tak kunjung terjawab.

Benarkah begitu?

Jangan-jangan Allah sudah menjawabnya, namun kita tidak peka dengan jawaban yang Allah berikan.

Biar tidak salah prasangka, kita belajar tentang bagaimana Allah menjawab doa setiap hamba-Nya, yuk!

1. Iya, Aku kabulkan sekarang

Jika kita ingat lagi, pasti ada saatnya dimana kita berdoa, lalu Allah kabulkan begitu saja. Ya, itu kehendak-Nya. Barangkali Allah mau melihat kebersyukuran kita akan anugerah-Nya.

Namun dalam pengabulan yang segera ini, seringkali kita diuji dengan munculnya rasa sombong dan berbangga diri. Merasa pantas mendapatkan itu, karena jerih payah diri sendiri.

Padahal, semua yang terjadi pasti atas kuasa Allah.

Prayer Set Mahar by Madina Quran

2. Iya, tapi nanti dulu

Dalam memberikan sesuatu yang kita minta, Allah juga melihat kesiapan diri kita. Mungkin saja, jika diberikan sekarang, kita akan dihadapkan dengan hal-hal yang tidak baik.

Sungguh, hanya Allah yang mengetahui tentang apa yang terbaik untuk setiap hamba-Nya. Anggaplah ini waktu untuk memantaskan diri.

3. Bukan itu, Aku punya rencana yang lebih baik

“…boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah: 216)

Berapa banyak dari kita yang berdoa tapi cenderung memaksa. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tapi kita memaksa semua yang terjadi harus sesuai kehendak kita.

Padahal, sudah jelas bahwa Allah lah yang paling tahu mana yang terbaik. Berserahlah, dan biarkan Allah yang mengatur.

Prayer Set Mahar by Madina Quran

Saat kita memahami 3 jawaban doa ini. Semoga hati kita diberikan kelapangan untuk menerima apa pun yang terjadi. Karena segala hal yang menimpa kita, sudah pasti atas izin-Nya.

***

Tentang Madina Quran

Madina Quran, brand al Quran yang didesain stylish dan exclusive sesuai dengan karakter diri konsumen, tampilan yang menarik, dan tentunya bahan berkualitas. Madina Quran menumbuhkan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan diri untuk setiap pemakainya.

1 thought on “3 Cara Allah Menjawab Doa, Kamu Akan Terpukau Dengan-Nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.