Membangun Kebiasaan Baik, Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

mushaf new fasya madina alquran

Kurang dari dua pekan, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan dimana banyak sekali kemuliaan didalamnya.

Tentu saja, kita tidak bisa melalui bulan tersebut tanpa persiapan apa-apa. Karena bagaimana pun, kita menginginkan Ramadhan ini menjadi yang terbaik dari Ramadhan yang pernah kita lewati sebelumnya.

Dengan waktu yang sudah cukup dekat ini, kita perlu mempersiapkan diri dengan baik. Dan salah satu wujud persiapan kita adalah dengan membangun kebiasaan baik mulai sekarang.

mushaf alquran hafalan al mutqin madina quran
Madina Quran

Miliki target ibadah di bulan Ramadhan

Ketika kita hendak melatih kebiasaan baik, kita mulai dari menentukan target yang hendak kita raih.

Ingin menghafal Al Quran di bulan Ramadhan? Tentukan berapa banyak yang akan dihafal, bagaimana pembagian setiap harinya, hingga belajar manajemen prioritas agar kita bisa meluangkan waktu untuk menghafal.

Untuk kamu yang ingin mengejar target 1 hari 1 juz, maka tentukan kapan saja waktunya kamu akan membaca Al Quran.

Miliki target yang jelas dan terukur, agar kita bisa melihat progresnya.

Atur strategi untuk mencapai target

Menentukan targetnya sudah, tinggal mengatur bagaimana meraihnya.

Untuk mencapai target ibadah yang sudah kita tentukan, memerlukan komitmen yang kuat untuk terus berjalan on the track. Atur waktu untuk kita melaksanakan ibadah tersebut, kalau bisa, buat jadwalnya sekaligus untuk memudahkan aktivitas kita.

Di bulan Ramadhan ini, kita juga perlu mengatur prioritas. Mana yang bagus untuk dilakukan, mana yang sebaiknya ditinggalkan. Setidaknya, hal ini akan sangat membantu untuk kita mencapai target yang ada.

Persiapkan fisik dan juga hati untuk mengejar target ibadah Ramadhan. Hal ini tidak bisa kita anggap sepele. Jika ada satu hal saja yang sakit dari kedua hal ini, bisa jadi ibadah kita akan terhambat.

Terutama urusan hati. Jika hati kita kuat, pasti Allah akan kuatkan fisik kita pula untuk beribadah.

Mulai kebiasaan baik sejak sekarang

Saat menetapkan target ibadah Ramadhan, kita tidak bisa hanya memulainya nanti ketik Ramadhan saja. Kita perlu melatihnya sejak dini. Semakin awal kita memulai, maka semakin kita terbiasa.

Inilah yang dilakukan Rasulullah dan sahabat terdahulu, mempersiapkan ibadah Ramadhan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan itu tiba.

Sekarang, kita masih punya kesempatan. Jangan disia-siakan, ya.

***

Tentang Madina Quran

Madina Quran, brand al Quran yang didesain stylish dan exclusive sesuai dengan karakter diri konsumen, tampilan yang menarik, dan tentunya bahan berkualitas. Madina Quran menumbuhkan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan diri untuk setiap pemakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.