Jangan Diabaikan, Inilah 3 Waktu Mustajab untuk Berdoa Saat Ramadhan

mushaf ar rayyan by madina alquran

Bulan Ramadhan menjadi momentum untuk kita mendekat kepada-Nya setelah berbulan-bulan sibuk dengan urusan dunia yang melalaikan. Di bulan ini pula, kita diberikan kesempatan untuk berdoa sebanyak-banyaknya.

Dalam Surah Al Baqarah ayat 186, Allah (SWT) berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Ketika kita dalam kesulitan, atau bahkan ketika kita merasa segala urusan selalu dimudahkan, kita terus diperintahkan untuk berdoa. Doa inilah yang akan kembali kepada kita dengan berbagai bentuk kebaikan; baik itu di dunia, maupun di akhirat.

Untuk itu, kita juga perlu mengerti kapan waktu-waktu mustajab untuk berdoa saat Ramadhan ini. Kita simak penjelasan berikut ini, yuk.

Saat sahur

Seperti yang kita ketahui, bahwa Allah (SWT) turun ke langit dunia untuk menurunkan rahmat-Nya di sepertiga malam terakhir. Tentu ini menjadi keutamaan untuk kita berdoa.

Berikut dalil yang bisa membuat kita lebih semangat untuk berdoa di salah satu waktu mustajab ini.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)

Selain doa, perbanyak istighfar juga di waktu-waktu ini.

Saat berpuasa

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa kita perlu memperbanyak doa disaat berpuasa, baik itu doa untuk kebahagiaan dunia maupun akhirat. Kita juga boleh berdoa untuk hajat yang kita inginkan.

Saat berpuasa, kita memiliki keutamaan agar doa yang kita panjatkan lebih bisa diprioritaskan. Maka, iringilah doa-doa kita dengan kebaikan lain pula.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305)

Saat berbuka puasa

Orang-orang yang menunaikan ibadah puasa, adalah mereka yang bersedia taat dan tunduk pada perintah-Nya. Allah (SWT) memberikan banyak keutamaan, salah satunya dengan menganugerahi waktu yang mustajab untuk berdoa disaat berbuka puasa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752)

Maka, jangan sampai kita lupa memperbanyak doa hanya karena sibuk dengan hidangan berbuka puasa.

***

Tentang Madina Quran

Madina Quran, brand al Quran yang didesain stylish dan exclusive sesuai dengan karakter diri konsumen, tampilan yang menarik, dan tentunya bahan berkualitas. Madina Quran menumbuhkan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan diri untuk setiap pemakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.