3 Tips Membaca Al Quran Satu Juz dalam Sehari

mushaf fasya mushaf tilawah al quran madina alquran

Ramadhan merupakan bulan istimewa yang didalamnya terdapat banyak kemuliaan. Selain pahala yang dilipatgandakan, Ramadhan juga menjadi momentum untuk umat muslim mendekatkan diri kepada Allah. Berbagai ibadah semakin giat dilakukan sebagai sarana menghamba kepada Sang Pencipta.

Nah, salah satu yang banyak dilakukan adalah membaca Al Quran. Ya, karena memang Ramadhan juga merupakan bulan Al Quran, dimana Al Quran diturunkan di bulan ini.

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, Allah menyebutkan tentang hal ini.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

Banyak cara sebagai perwujudan kita memuliakan Ramadhan, salah satunya dengan memperbanyak bacaan Al Quran.

Untuk kamu yang ingin meningkatkan membaca Al Quran dengan program one day one juz, kamu bisa mengikuti cara ini, ya.

Atur waktu dan jadikan membaca Al Quran sebagai prioritas

mushaf alquran fasya by madina quran
Madina Quran

Agar kita tidak lalai dengan target yang kita miliki, kita perlu mengatur waktu sedemikian rupa dan meletakkan aktivitas membaca Al Quran pada prioritas yang utama.

Tetapkan waktu dimana kita akan menghabiskannya untuk membaca Al Quran. Perkirakan berapa lama waktunya dan berapa halaman yang akan dibaca.

Bagi 1 juz ke dalam lima bagian

Membaca 10 lembar dalam sekali waktu mungkin terdengar berat untuk sebagian orang, atau bisa jadi waktunya yang tidak sempat. Maka, bagi lah 10 lembar Al Quran ke dalam 5 bagian, masing-masing 2 halaman.

Kita bisa membacanya 2 lembar setiap selesai shalat fardu (yang jumlahnya ada 5 waktu).

Untuk kamu yang bekerja selama Ramadhan, bisa mengatur waktu dengan strategi yang lain. Yaitu, dengan memperbanyak bacaan di waktu subuh, dzuhur saat istirahat, dan setelah isya. Karena bisa jadi, di waktu ashar kita kesulitan menemukan waktunya karena harus bekerja. Dan di waktu maghrib, kita juga sibuk dengan aktivitas berbuka dan persiapan shalat tarawih.

mushaf hafalan al mutqin by madina quran
Madina Quran

Pangkas kegiatan yang melalaikan waktu

Scrolling media sosial tanpa tujuan, menonton drama berjam-jam, main games, scrolling marketplace tanpa henti, tiduran seharian, dan kegiatan lain yang membuat kita tidak sadar bahwa waktu berjalan begitu cepat; sudah saatnya kita mengurangi hal-hal ini dan lebih fokus beribadah di bulan mulia ini.

Saat kita bisa betah menghabiskan waktu dengan media sosial selama berjam-jam, kenapa rasanya begitu melelahkan saat berinteraksi dengan Al Quran, padahal baru membacanya selembar?

Inilah yang perlu kita renungi. Manfaatkan waktu yang kita miliki, karena suatu saat nanti, kita akan dimintai pertanggungjawaban.

أَنَّ رَسُوْلَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَا تَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعٍ عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ جَسَدِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ مَاذَا عَمِلَ فِيْهِ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ. (رَواه ابنُ حِبَّانَ والترمذيُّ في جامِعِه

Sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda: “Tidak akan bergeser kedua telapak kaki seorang hamba di hari kiamat sehingga ditanya dengan empat macam, yaitu: tentang umurnya habis digunakan untuk apa, jasadnya rusak digunakan untuk apa, ilmunya bagaimana mengamalkannya, hartanya dari mana dan ke mana membelanjakannya.” (HR. Ibnu Hibban dan At Tirmizi)

Dari ketiga tips di atas, mana yang sudah kamu terapkan?

***

Tentang Madina Quran

Madina Quran, brand al Quran yang didesain stylish dan exclusive sesuai dengan karakter diri konsumen, tampilan yang menarik, dan tentunya bahan berkualitas. Madina Quran menumbuhkan rasa bangga dan meningkatkan kepercayaan diri untuk setiap pemakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.