Persiapan Menyambut ‘Tamu Spesial’

Sahabat muslim, tak terasa bulan suci Ramadan telah di depan mata. Ia telah mendekat menuju kita. Padahal, rasanya baru kemarin bulan suci tersebut singgah, kini ia telah kembali. Kembali dengan membawa sejuta keberkahan.

“Telah datang kepada kalian, bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, Allah mewajibkan kalian puasa di dalamnya, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan dibelenggu, di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa dihalangi dari kebaikan malam tersebut, sungguh dia benar-benar merugi.” –HR. Ahmad dan lainnya.

Jika menilik hadits tersebut, sungguh Allah swt teramat baik kepada hamba-Nya. Dia memberikan banyak keberkahan pada bulan Ramadan untuk hamba-Nya. Dan, satu di antara banyak keberkahan tersebut yang amat indah pada bulan berkah adalah dibebaskannya hamba-hamba dari neraka di setiap siang dan malam ramadan, dan bagi setiap muslim di setiap malam dan siangnya ada doa yang pasti dikabulkan. Sungguh indah bukan?

Karena banyak keberkahan pada bulan tersebut, banyak orang muslim yang menantiasa gembira menyambutnya. Banyak dari mereka berlomba-lomba untuk memetik berkah dan rahmat serta ampunan pada bulan tersebut. Tentunya, berkah, rahmat, serta ampunan akan diperoleh oleh mereka yang bersungguh-sungguh dalam menjalankan setiap apa yang Allah perintahkan pada bulan suci. Dan, insyaAllah kesungguhan tersebut akan hadir ketika kita menyiapkan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyambut tamu spesial yang membawa banyak keberkahan itu. Lalu, apa saja sih hal yang harus kita persiapkan dalam menyambut bulan ramadan agar ketika kelak ia datang kita dapat optimal beribadah pada bulan tersebut?

Sahabat muslim, sependek wawasan saya, kiranya ada beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci, di antaranya yaitu:

1. Berdoa

Seperti yang telah kita ketahui bahwa doa itu merupakan senjatanya orang islam. Berdoalah kepada Allah dengan sesering mungkin agar kita dapat menjaga hati dan diri supaya benar-benar siap menyambut bulan suci dengan lapang hati. Jangan lupa juga untuk memanjatkan doa supaya Allah mempertemukan kita dengan bulan suci dalam kondisi yang sehat sehingga kita dapat beramal salah dengan optimal.

2. Bayar hutang

Hutang itu amat krusial. Ketika kita memiliki hutang maka kita wajib untuk membayarnya, sebab hutang bisa menjadi penyebab kita terhambat untuk masuk surga. Dan, yang dimaksud ‘bayar hutang’ di sini adalah bayar hutang puasa. Mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi, bagi kita yang masih memiliki hutang puasa (qodo puasa) maka segerakanlah untuk membayarnya, sebab waktu itu berjalan dengan cepat dan kita tidak tahu apakah kita akan kembali merasakan beribadah di bulan suci atau tidak. Hutang itu abadi, akan terbawa sampai kita meninggal. Jadi, jangan sampai ketika kita meninggal terbebas dari hutang harta, tapi masih memiliki hutang puasa yang dimana hutang tersebut berhubungan langsung dengan Allah.

3. Jaga kesehatan fisik

Jika kita memiliki target amalan yang tinggi pada bulan ramadhan nanti, maka hal tersebut harus didukung dengan kondisi tubuh yang sehat; segar bugar. Sebab, pada bulan penuh berkah tersebut, kita akan senantiasa disibukan dengan beramal salah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik harus menjadi priorutas. Konsumsilah makanan yang halal dan thoyyib serta berhati-hatilah dengan kondisi yang biasanya membuat kita mudah terserang penyakit. Mulailah konsumsi buah dan sayur serta beristirahatlah dengan cukup.

4. Pelajarilah ilmu yang berkaitan dengan bulan Ramadan

Bagi seorang muslim yang taat, tentunya memiliki keinginan besar untuk mengoptimalkan ibadah pada bulan ramadhan. Nah, supaya kegiatan ibadah kita optimal, maka kita harus memiliki pemahaman serta wawasan yang benar tentang bulan ramadan serta segala hal yang berkaitan dengan bulan tersebut. Kajilah tsaqafah-tsaqafah islam terkait bulan ramadan, termasuk fiqih shaum. Caranya tentu saja dengan banyak membaca dan menghadiri kajian-kajian yang membahas tentang keutamaan bulan ramadan. Sebab, hanya dengan ilmu kita dapat mengetahui cara beribadah yang benar.

5. Cari tahu amalan apa yang dianjurkan pada bulan ramadan

Jika kita berniat untuk memperbanyak amal salah ketika bulan ramadan, maka tidak ada salahnya kita mencari tahu amalan apa saja yang dianjurkan pada bulan ramadan.  Lalu, optimalkanlah diri kita untuk mengerjakan amalan tersebut di samping mengerjakan amalan fardu. Sebab, pada bulan penuh berkah tersebut, Allah melimpahkan pahala yang berlipat ganda kepada setiap amal saleh yang kita kerjakan.

6. Tentukan Target

Ada baiknya kita harus menentukan target yang ingin dicapai selama bulan Ramadan. Mulailah susun target sebelum memasuki bulan ramadan. Misalnya, khatamkan al-quran, salat tahajud dan duha setiap hari, dzikir setelah salat, berinfak, dsb. Ingatlah bahwa pahala pada bulan ramadan itu berlipat ganda. Oleh karenanya, mari kita optimalkan hari-hari kita untuk beribadah pada bulan ramadan nanti.

Nah, kiranya kurang-lebih itulah enam hal yang dapat kita persiapkan menjelang bulan suci Ramadan yang insyaAllah akan kita masuki beberapa hari lagi. Semoga Allah swt memberikan kemudahan dan kelancaran kepada kita untuk beribadah pada bulan tersebut.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Susi Sumarni

Leave a Comment