door-1106012_960_720

INGIN ANAK CINTA ALQURAN? KENALI DULU 4 TIPE RUMAH INI

Menjadi keinginan orang tua muslim manapun memiliki buah hati yang mencintai Al Quran. Bukan hanya Al Quran akan menjadi penolong di Akhirat, terlebih akan menjadi ‘tabungan’ karena memiliki anak-anak yang saleh dan shalehah.

Salah satu cara menumbuhkan cinta Al Quran pada diri anak adalah membangun lingkungan yang menunjang, dan lingkungan yang paling berpengaruh adalah lingkungan keluarga yaitu rumah.

Dr. Sa’ad Riyadh dalam karyanya Kaifa Nuhabbib Al Quran Li’abnaa’inna? Memaparkan ada 4 tipe rumah, baik yang bisa menjadi teladan ataupun tidak bisa menjadi teladan :

Rumah tipe pertama; rumah yang penghuninya sama sekali tidak mempedulikan dan tidak mau membacanya. Tapi, di dalam diri orang tua ada keyakinan kalau menyuruh anak untuk mempelajari dan menghafal al Quran itu penting. Orang tua semangat untuk mengantar anak-anaknya ke sekolah untuk mempelajari dan menghafal al Quran, namun sayangnya mereka melupakan keutamaan untuk dirinya sendiri.

Rumah tipe kedua; rumah yang penghuninya mengamalkan ajaran-ajaran agama dengan keras, tidak dengan mudah. Ketika menghadapi permasalahan agama, biasanya memutuskan untuk mengamalkan dengan cara yang keras.

Ini menyebabkan hubungan di antara penghuni rumah menjadi tegang. Ketegangan ini secara otomatis berpengaruh kepada anak. Di sini orang tua menyuruh mempelajari al Quran dengan cara yang keras dengan tidak mempedulikan usia, keadaan, kemampuan dan minat anak.

Cara seperti ini justru bisa menghambat anak untuk memiliki rasa cinta kepada Al Quran.

Rumah tipe ketiga; rumah yang penghuninya sama sekali melupakan al Quran, sehingga al Quran pun kelak akan melupakannya di hari Kiamat. Mereka mengganti posisi al Quran dengan lagu dan musik sehingga tanpa sadar memotivasi anak untuk mencintai musik dan lagui.

Tipe rumah yang seperti menghambat anak untuk memiliki rasa cinta pada al Quran.

Rumah tipe keempat. Rumah yang penghuninya bersikap pertengahan dalam mengajarkan al Quran. Mereka mencintai dan mengamalkan al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran-ajaran al Quran seperti hidup nyata ada di tengah-tengah penghuni rumah tipe ini.

Kondisi rumah seperti ini membuat anak-anak sangat puas. Anak secara otomatis tumbuh dan berkembang mencintai al Quran.

Dari keempat tipe rumah yang telah dipaparkan di atas, tipe yang mana rumah Sahabat semua?


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

adminMaster

Leave a Comment