stockvault-love-story100390

3 TIPE ORANG TUA, Sahabat Madina termasuk yang mana?

Menjadi orangtua memang peran yang tak mudah, namun mempunyai peluang pahala yang luar biasa. Bayangkan, ketika putra-putri kita bisa menjadi shalih dan bermanfaat bagi banyak orang melalui didikan kita, seperti apakah kebahagiaan yang akan kita dapatkan nanti?

Sekali lagi, memang untuk itu tidak mudah. Menghadapi anak-anak yang rewel, banyak maunya,  dan segunung tantangan lainnya adalah hal yang perlu kita siasati dengan baik.

Mengenal potensi diri dalam mendidik anak-anak kita bukanlah hal yang tabu untuk kita lakukan, agar kita mengetahui apa saja hal-hal yang perlu kita pertahankan atau perbaiki. Jika dianalogikan tiga benda, termasuk yang manakah Anda?

Tipe Kertas

Anda pernah bertemu dengan kertas? Teksturnya fleksibel, rapuh, dan mudah terbang tertiup angin. Bisa dilipat-lipat, dirobek, atau digunting dengan bebas. Bahkan diremas-remas atau dicampakkan. Orang tua dengan tipe ini adalah orang tua yang memiliki peraturan yang karakternya longgar, easy going, dan cenderung tidak tegas. Tidak ada peraturan yang sungguh-sungguh dilaksanakan. Jika hal ini terus dibiarkan tanpa kita sadari, anak-anak kita berpotensi menjadi insan yang kurang bertanggung jawab.

Tipe Batu Karang

Seperti halnya batu; keras, kokoh, tak bergeming. Semakin dihantam ombak, batu karang semakin menunjukkan dominasi dan kekuatannya. Orang tua dengan tipe batu adalah orang tua yang keras dalam didikannya, baik itu peraturan maupun ‘lengkingannya’. Setiap hari anak hanya mendengar jeritan orang tuanya. Betapa kerasnya peraturan orangtuanya, dilengkapi dengan tuntutan-tuntutan yang menjadikan anak-anak mengikutinya tanpa pemahaman yang baik (karena memang tak jarang tanpa penjelasan). Anak-anak dianggap tak perlu tahu mengapa aturan itu dibuat. Terlalu keras pun dapat membuat anak stress dan mencari pelarian lain; selain orang tuanya.

Tipe Pohon

Bayangkan sebatang pohon yang besar. Sang pengayom. Tempat berteduh. Pemberi buah-buahan yang manis. Orang tua dengan tipe ini adalah orang tua yang moderat. Penekanan orang tua tipe pohon adalah agar anak memahami aturan, mengharapkan anak-anak kritis dan bertanggung jawab, yang bermuara pada kehidupan anak yang sehat lahir batin. Tantangannya adalah: orang tua tipe ini harus ekstra sabar, ekstra ilmu, dan ekstra kreatif.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

adminMaster

Leave a Comment